Recent Posts

banner image
banner image

CARA MENGHEMAT PENGGUNAAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA



Wajib Bahasa Indonesia, Negara-Negara Pakai Bahasanya Sendiri di ...
kredit foto: cermati.com

Saat menulis atau mengucapkan bentuk jamak nomina (kata benda) dalam bahasa Indonesia, cukup sering orang boros menggunakan kata. Akibatnya, pembaca atau pendengar merasa bosan. Apalagi kalau pembaca atau pendengar adalah orang yang memahami struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk menghindari hal semacam itu, simak ulasan saya berikut ini mengenai cara menulis bentuk jamak nomina dalam bahasa Indonesia.

Untuk diketahui, penulisan bentuk jamak dalam bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris tedapat dua model penulisan bentuk jamak. Pertama, untuk kata benda beraturan cukup ditambahkan -s/-es di belakang kata benda yang bersangkutan. Penambahan -es hanya berlaku untuk kata benda tunggal yang berakhiran huruf s, x, z, ch, dan sh. Kedua, untuk kata benda yang tidak beraturan perubahannya bervariasi.

Bahasa Indonesia tidak mengenal pola perubahan seperti dalam bahasa Inggris. Penulisan bentuk jamak nomina dalam bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan mengulangi kata benda yang bersangkutan, tetapi dihubungkan dengan tanda baca “strep” (-). Contoh: rumah-rumah, meja-meja, buku-buku, tas-tas, pintu-pintu, dll.
Kedua, dengan menambahkan kata yang menyatakan makna jamak sebelum kata benda bersangkutan. Ada beberapa contoh kata yang menyatakan makna jamak, seperti para, sejumlah, semua, seluruh, beberapa, banyak, atau segala. Jika sudah menggunakan bentuk ini, penulisan kata benda yang bersangkutan tidak perlu diulangi lagi. Contoh: beberapa meja, sejumlah kantor, para pegawai, banyak pejabat, segala urusan.  

Agar lebih jelas perhatikan contoh berikut ini.
1.  a. Meja-meja di kelas berantakan saat saya datang tadi pagi. (Benar)
     b. Semua meja-meja di kelas berantakan saat saya datang tadi pagi. (Salah)
     c. Semua meja di kelas berantakan saat saya datang tadi pagi. (Benar)   
2.  a. Beberapa rumah di kampung Ruteng akan segera diperbaiki. (Benar)
     b. Beberapa rumah-rumah di kampung Ruteng akan segera diperbaiki. (Salah)

Sekian saja ulasan singkat saya tentang tema ini. Jika Anda merasa ulasan ini bermanfaat, silakan bagikan “link” ini ke teman-teman Anda, baik melalui facebook, whatsap, instagram, maupun media-media lainnya. Sekian dan terima kasih. Salam. (Ferdi Jehalut)

CARA MENGHEMAT PENGGUNAAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA CARA MENGHEMAT PENGGUNAAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA Reviewed by insancerdaspolitik on June 23, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.